Kamis, 06 Februari 2014

Mereka Bermain di Air Bersih

OLEH: Jackson Ikomouw
 
Saya sering datang di kota Manokwari tapi hanya singgah di Pelabuhan Kapal Laut tujuan Nabire - Jakarta. Namun, belum pernah mengunjung ke pulau Mansinam dan pulau Lemon. Kali ini, saya dapat kesempatan pergi ke sana. Za  diajak kaka Valen Baransano 

Saat itu, Saya datang ke kota Injin di Tanah Papua untuk meliput dua acara. Acara pertama adalah Kongres yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Pemuda Papua (KNPP). Acara kedua adalah acara Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil di Tanah Papua. 

Sungguh penasaran membawa saya datang ke pulau Mansinam. Di sana, saya menyaksikan dari dekat salib besar di bibir pantai pulau kecil itu. Menyaksikan masyarakat sederhana di pulau ini pada Senin (5/02) mereka sedang membersihkan disekitar salib besar itu. ini adalah pengalaman menarik, berada di sini. 

Pulau Mansiman dan Pulau Lemon begitu indah. Pulau Mansiman sangat luas skali. Pulau Lemon suasana tampak rame. Terlihat beberapa pengunjung dari Papua dan dari luar Papua. Saya tidak menemukan orang barat di sini.
Mungkin takut datang karena Papua sering diberitakan berbahaya, padahal tidak sepenuhnya benar. Atau mukin Jakarta melarang mereka untuk berkunjung. 

Anak-anak kecil ini sungguh asyik bermain pasir di sini. Sesekali mereka menjemburkan diri di air laut yang sangat jernih ini. Anak-anak yang tampak bahagia ini membuat saya sedikit iri hahaha. 

Mama, za lihat dari dekat begini, mereka bermain di pasir putih dan air jernih, pikirku ketika itu. 

Ricky Awom (9) salah satu anak di Pulau ini mengatakan, pasir laut dan laut adalah teman mainnya. Kalau pulang sekolah saya bermain di sini dengan teman-teman. 

Ricky hari-hari pergi sekolah ke kota Manokwari. Ia seringkali berangkat pukul 05.00. Tapi, jika tidak ada speedboad, ia libur pergi. 

Orang tua dari Ricky adalah nelayan. Beberapa warga lain memberikan jasa angkutan bagi pelancong di pulau ini. 


Sumber: majalahselangkah

Tidak ada komentar: