Senin, 27 Januari 2014

'Terang dan Gelap Di Sekitar kita'

Oleh: Pdt. Dr Benny Giay*)

Waktu saya berusia sekitar 6 tahun, habis makan mlam, bapa dan temannya yang datang nginap di rumah bahas ritual kecil yang katanya mereka harus adakan. Karena anak-anak sudah waktunya untuk saya & kawnn-kawan saya jalani itu. 

Ketua Sinode Kingmi Papua.
Pdt. Dr. Benny Giay. (Foto/ILS)
Besok pagi mreka suruh saya & adik & kami beberapa teman di suruh baris; orang tua mereka sambil taruh tangan di kepala, putar tali dengan tangan di kepala kami, sambil ucapkan doa; semoga berhasil jalan dalm ziarah; d tengah jalan hdapi klapran, hujan, dingin, prang, kjhatan dst lalu satu warga lepas panah, kmi d suruh lari pergi ambil panah itu & cari & bwa kembali. 

Blkangan sy mngerti ini slah satu cara kulture kmi siapkan anak2 sejak dini bhwa hidup itu bgitu. Tdak mulus, ada bnyak duri. Satu thun kmudian kmi masuk skolah dan juga aktif d skolah mnggu. Sjak itu d skolah minggu dan d skolah dasar tdak ada ruang utk bcara ttg klapran, perang, konflik, yg pnting trima injil atau skolah baik nanti jadi pgawai dpat gaji tinggal d kota & smua aman. 

Kita akan happy. Sy kra bagi sbagian, dunia itu masih bgitu. Baru belasan tahun terakhir sy ingat kmbali ritual kecil d kampung itu; saat bberapa kali terlibat dlam pmakaman para aktivis papua yg meninggal (ada yg dtemukan tewas). Bbrapa yg insiden yg ingatkan sy itu alm pmakaman arnold ap, aten agapa, mako tabuni, & seorg warga yg d tmbak d depan GOR jpr saat tolak otsus, anak2 muda yg tewas d jalan2. Sy ingat pk Yoman yg telp saya, 4 atw 5 thun lalu dia pergi makamkan sndiri dgn temannya se org warga yg ditemukan tewas & dibuang d parit. 

Saya juga ingat pernyataan seorng trman 'tugas pndeta itu hanya urus pmakaman. Pernah ada prckapan kecil ttg ini antara sya, pk pdt noakh nawipa dan pk yoman. semua ini ingatkn bhwa ada yg tdak d buka d mmbar gereja & d buku teks d sekolah2 kta. 

Ada sisi gelap yg tdak d buka; hanya terang yg dangkat2. Smntara dunia yg kita jalani: sisi madu & racun. Trmasuk dalam diri kita. Dlm diri kita ada dorongan bawaan utk brbuat & yg merusak atw mmbunuh. 

Saat skitar 15 warga trbunuh d timika dlm prang antar warga d tmika kota, 2 thun lalu dgn para pndt kmi bcarax bgimna buat program utk jaga yg baik & kurangi yg jahat; ttpi wktu mau ktemu kdua pihak yg prang; kmi gagal karena d hlangi, seblum kmi ktemu kedua belah pihak, TNI PORLI sdah serang msyrakat yg siap2 utk bertemu Gereja bgmaimna berdamai. Shg program damai tidak ada tempat lagi. 

Semua prkmbangan d Papua 30 thn trakhir ini mndesak & menigngatkan saya kpada ritual kecil d kampung itu. Brangkli sisi ini yaitu: aspek kkrasan yg destruktif yg trus brkuasa d Papua ini juga harus masuk d kurikulum skolah dri SD - PTvd papua dan mimbar greja; pmbinaan d dua lmbaga d arahkan utk promisikan yg nilai2 baik dari dlm diri kta tetapi juga yg d usahakn oleh adat & gereja. 

Dwasa ini kta d gereja & pmerinta bcara ttg papua tanah damai ttpi kkrasan jaln trus d luar hlaman gereja dan gedung2 sekolah kita. suara mhsiswa dan jemaat; papua bukan 'tanah damai' tetapi 'tanah darurat'; ini juga harus di beri ruang utk d dengar.

 

Tidak ada komentar: