Selasa, 26 Agustus 2014

Sikat Kuwait 6-1, Persipura West Papua ke Semifinal AFC Cup

Persipura team asal Papua Barat, menuju ke Final
ketika mengalahkan team asal Kwait. (FOTO/Ils)
JAYAPURA - Persipura Papua Barat melaju ke semifinal AFC Cup 2014 setelah di leg kedua mencukur juara bertahan Kuwait SC 6-1. Hasil itu juga membuat Tim Mutiara Hitam ini mencatat sejarah setelah menjadi tim pertama di wilayah pasifik yang lolos ke babak tersebut.
Saat menjamu Kuwait SC di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (26/8), Persipura langsung menekan di awal pertandingan. Hasilnya tuan rumah sudah unggul 1-0 setelah Robertino Pugliara menyelesaikan dengan baik umpan dari Bio Paulin di menit ke-2.
Tertinggal 0-1 membuat Kuwait mencoba menekan namun para pemain tampil disiplin meredam serangan lawan. Persipura masih tetap mencoba membuka peluang dan akhirnya bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-43.
Gol tersebut memanfaatkan kecermatan Boaz Solossa setelah menerima umpan Ruben Boaz, Dia menusuk melewati dua pemain belakang lawan dan melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang Kuwait setelah kiper Kuwait Musab Al Kandari maju ke depan.
Sebelum turun minum, tuan rumah semakin unggul setelah Pugliara berhasil memanfaatkan umpan Tobo sebelum menaklukkan kiper Al Kandari. Skor 3-0 bagi Persipura bertahan hingga babak pertama berakhir.
Di babak kedua, Persipura belum mengendurkan serangan. Pada menit ke-52, Titus Bonai memperbesar kemenangan Persipura menjadi 4-0 setelah memanfaatkan bola rebound di depan gawang. Kuwait sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 di menit ke-65.
Namun hanya satu menit berselang Robertino mencetak hat-trick di pertandingan ini dan membuat skor menjadi 5-1 lewat sepakan kaki kanannya. Serangan Persipura semakin menjadi-jadi menekan Kuwait yang bermain depan sepuluh pemain di menit ke-68.
Pemain Kuwait F.Al Alreshidi mendapatkan kartu merah setelah menendang perut kiper Persipura. Menjelang akhir laga sontekan kaki kiri Yohanes Ferinando Pahabol saat berhadapan dengan kiper Al kandari membuat Persipura unggul jauh 6-1.
Dengan demikian, Persipura membuat sejarah lolos ke semifinal dengan unggul agregat 8-4 dari Kuwait SC yang merupakan tiga kali juara Piala AFC. Pada leg pertama skuat besutan Jacksen F Tiago ini sempat kalah 2-3 di Kuwait.


Jackson Ikomouw

Tidak ada komentar: