Selasa, 29 April 2014

ARNOLD AP, PAHLAWAN MUSIKOLOGIS!

Oleh: Titus Pekei*)
 
Arnol Ap, Musisi Budaya Papua. (FOTO/Dok)
Setiap tanggal 26 April semua orang Papua mengenang ARNOLD AP. Pada Hari Sabtu, 26 April 2014 ini, dalam status facebook saya menulis ARNOLD AP : PAHLAWAN MUSIKOLOGIS! Merupakan satu ungkapan batin dalam mengabadikan kebesaran jiwa dan raganya. Ia secara konsisten mengangkat segala ungkapan batin kaumnya dan mensyairkan dalam lagu-lagu secara unik dan khas secara Papuani. Ketika itulah, ia menyampaikan manusia penghuni alam Papua harus berkepribadian sebagai manusia Papua. Semasa hidupnya pun ia terus menjiwai alam dan penghuni dengan syair lagu-lagu yang dihayati, yakkini di hampir semua suku bangsa yang ada diatas tanah Papua mengenal, seraya kenang di tanggal 26 April ini.

Peneliti Ekologi Papua mengenal dan mendalami jejak seorang Arnold Ap, dari syairnya dan konsistensinya hingga korbankan dirinya secara badan dan jiwanya tetap hidup besama lagu-lagu mambesak ditengah kaumnya, seraya mendengar lagu mambesak menulis puisi dan komentar ini, hanya mau mengatakan bahwa di tanah Papua adalah “PAHLWAN Musikologi”, dan sangat layak menyebut dan mengkukuhkan sebagai “PAHLAWAN MUSIKOLOGIS”. Namanya pahlawan bukan kaumnya mengemis ke mana dan siapa? Karena mereka mengenal dan ia sudah menyatukan hati, pikir dan sikap kaumnya agar tetap mencintai budayanya, syairnya, puisinya dan segala karyanya dalam menggenapi karya budaya diri sebagaimana teladan leluhur, alam dan penerus.

Pahlawan biasa dikenal atau sebut kepada orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, dengan pejuang yang gagah berani tanpa menyerah dengan bujukan atau apapun namanya. Sedangkan Musikologis ;

Musikologis adalah berkaitan dengan ilmu musik (lihat mambesak) sebagai aspek historis sosiologis dan akan lebih mantap komplit ketika dipahami secara menyeluruh siapa Arnold Ap (1945) menjadi mata rantai budayawan lewat syair,sastra, dan lainnya sebagai antropolog, akademisi, musisi mambesak yang terus menyapa tanpa batas dan manusia papua pantas merayakan hari mendiang sebagai Pahlawan Musikologi. 

Siapa dia, mendiang seorang Putra Asli Papua bernama ARNOLD AP. Apalah arti sebuah nama, itu pentingkah? Arnold adalah nama yang di anugerahkan oleh orang tua dan AP adalah marga diri seorang Arnold sebagaimana layaknya dalam komunitas masyarakat yang menganut patrilineal di tanah Papua. ia lahir 1 Juli 1945 dan diambil - 26 APRIL 1984 = 30 Thn silam. 


Tentu pula, pihak lain dapat menilai pakai kaca skeptisisme tetapi kenyataan tidak bisa terbantahkan dan akan abadi besama kaumnya, seraya menanti patung pengabadian jasa-jasa mending kenang sambil mendengarkan suaranya dengan alunan gitar dan suara dirinya menyapa kaumnya tanpa batas. Saya terinspirasi untuk menuliskan pahlawan musikologis sebagai bagian dari unsure kebudayaan universal yang ia jiwai dari tanahnya, masyarakatnya dan layak kalau disebut bapak budayawan, antropolog dalam karya nyatanya, musisinya ketika dengar mambesak seraya kenangnya sampai dibunuhnya. Untuk itu, masyarakat, pemerintah daerah di tanah Papua harus punya sikap untuk mengabadikan dengan Patung ARNOLD AP : PAHLAWAN MUSIKOLOGIS! Sebagai pembakar semangat menyatu menggali budaya dirinya.



Penulis adalah; Penggagas Noken Papua, dari Ekologi Papua


Tidak ada komentar: